Membuat Sharing Folder Ubuntu Server

Pada Ubuntu Server, untuk membuat sebuah folder yang akan dishare dilakukan pada konfigurasi file smb.conf yang merupakan konfigurasi dari samba. Langkah – langkah men-share sebuah folder di Linux, khususnya Ubuntu Server adalah sebagai berikut:

  • Buat folder yang ingin di share, misalnya publik dengan perintah:sudo mkdir /share/publik
  • Kemudian atur permission folder tersebut agar dapat diakses oleh user yang ditentukan dengan perintah:sudo chmod 777 /share/publik    dan  sudo chown umum:umum /share/publik

Pada perintah sudo chmod 777 digunakan untuk merubah izin akses terhadap sebuah folder dan file sedangkan perintah sudo chown umum:umum digunakan untuk merubah kepemilikan sebuah folder dan file.

  • Setelah folder, izin dan kepemilikannya dibuat, sekarang anda harus mendefinisikannya dalam file konfigurasi samba, dengan menambahkan baris – baris ini pada file smb.conf

[folder_umum]

comment = Data Umum

path = /share/publik

read only = No

guest ok = No

browseable = Yes

create mask = 0655

directory mask = 0755

valid users = administrator, admin users = administrator

Penjelasan di baris settingan di atas adalah sebagai berikut:

  • [folder_umum]Ini digunakan untuk membuat nama share folder ketika diakses dari jaringan, baik dengan menggunakan windows maupun sistem operasi yang lain.
  • comment = Data UmumBaris ini digunakan untuk menulis deskripsi folder yang kita share. Apa yang anda tulis disebelah kanan (setelah tanda =), akan terlihat dijaringan pada saat anda mengakses server samba.
  • path = /share/publikBaris ini digunakan untuk menentukan letak folder yang akan dishare di Server Linux. Seperti dalam contoh misalnya anda meletakkan folder tersebut dalam folder share atau sub folder dari share.
  • read only = NoBaris ini digunakan untuk menentukan izin untuk user saat mengakses folder ini di jaringan.
  • guest ok = NoPada baris ini didefinisikan bahwa folder yang dishare boleh diakses oleh siapa saja kecuali user guest.
  • browseable = YesPada baris ini, anda menentukan apakah folder yang dishare ini bisa tampak dan dapat dibuka dari jaringan atau tidak.
  • create mask = 0655Pada baris ini anda menentukan parameter permission terhadap file yang akan dibuat dalam folder ini dari jaringan oleh user yang berhak mengakses folder yang dishare.
  • directory mask = 0755Selanjutnya adalah permission untuk folder. Baris ini menentukan permission untuk semua folder yang dibuat oleh user didialam folder share samba.
  • valid users = administrator, admin users = administratorBaris ini menentukan user-user mana saja yang boleh melihat dan membuka folder share dari jaringan. Konfigurasi ini hanya berfungsi pada samba server yang disetting sebagai Domain Controller. Untuk samba yang diset seperti penjelasan di atas, baris ini tidak digunakan karena level share yang dibuat pada file konfigurasi menggunakan share bukan user.

Jalan kan service samba dengan perintah:

sudo /etc/init.d/samba start

Sedangkan untuk memulai ulang server sambah perintahnya:

sudo /etc/init.d/samba restart

Pembaca yang Baik Selalu Meninggalkan Komentar ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s