7 Makanan Penurun Kadar Kolesterol

BlaBlaBerita – Kolesterol merupakan salah satu komponen lemak. Disamping zat gizi seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral, lemak merupakan salah satu sumber kalori paling tinggi. Namun tidak teraturnya pola makan dan asupan gizi, membuat problema kolesterol tinggi menjadi hal yang tidak bisa dihindari.

Berikut beberapa jenis makanan yang mengandung lemak tak jenuh sehingga sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol.

Bawang Putih

  • Bawang putih

Konsumsi bawang putih setengah sampai satu siung sehari secara terus menerus selama 1 bulan mampu menurunkan kolesterol sebanyak 9%. Namun jika terlalu banyak mengkonsumsi bawang putih juga tidak baik. Konsumsi lebih dari 3 siung dapat menyebabkan diare, sebah dan demam, bahkan dapat menimbulkan perdarahan lambung. Senyawa anti kolesterol dalam bumbu wajib masakan ini adalah senyawa ajoene yang mampu mencegah penggumpalan darah. Kandungan senyawa ini tidak akan rusak walaupun bawang putih sudah dimasak.

tempe

  • Tempe

Meskipun berasal dari rumpun kacang-kacangan, tempe sangat ampuh dalam menurunkan kolesterol. Ini disebabkan adanya kandungan niacin dan isoflavon dalam tempe yang dapat menurunkan kadar kolesterol.

dagin ikan segar

  • Daging Ikan

habitat ikan mempengaruhi kandungan zat gizinya.Ikan air tawar kaya akan kandungan karbohidrat dan protein, sedangkan ikan air laut kaya akan kandungan lemak tak jenuh (omega 3), vitamin dan mineral. omega 3 dalam ikan laut dapat menurunkan kolesterol dalam darah dan mencegah terjadinya penumpukan keping darah di dalam pembuluh darah. Kandungan omega 3 paling tinggi terdapat pada ikan tuna, sarden dan salmon. dan sebaiknya ikan dikonsumsi dengan cara dipanggang atau dibakar.

Teh

  • Teh

Salah satu kandungan yang terdapat pada teh adalah epigallocatechin gallate merupakan komponen bioaktif paling dominan dalam teh, dan senyawa ini terbukti ampuh dalam mencegah percepatan oksidasi kolesterol jahat. Heh juga mengandung antioksidan  yang mampu mambuat pembuluh darah menjadi rileks sehingga terhindar dari pembekuan darah.

Sayur Bayam

  • Bayam

Kandungan lutein dalam bayam ternyata tidak hanya mampu menjaga kesehatan dan ketajaman mata, tetapi juga mampu menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan lutein mencegah lemak menempel pada pembuluh darah.

Alpukat

  • Alpukat

Banyak orang yang cenderung tidak memakan buah ini karena mengandung banyak lemak. Namun jangan salah karena ternyata kandungan dalam buah ini adalah asam lemak tak jenuh yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol. Konsumsilah buah alpukat ini tanpa tambahan susu, gula dan bahan makanan lain yang mengandung kalori tinggi.

Apple

  • Apel

Buah kaya serat, antioksidan dan vitamin C ini bisa membantu menurunkan kolesterol. Jika ingin mengkonsumsi buah ini sebaiknya dimakan dengan kulitnya. Karena di kulit inilah terdapat kandungan pektin yaitu senyawa yang ampuh menurunkan kolesterol dan mengandung antioksidan paling banyak.

Jadi, jika kadar kolesterol darah sudah terlanjur tinggi, silahkan mencoba menurunkannya dengan mengkonsumsi makanan di atas. Namun jangan lupa, tetap konsultasi ke dokter dan periksa kadar kolesterol anda secara rutin.

Smoga infonya bermanfaat bagi pembaca…🙂  jangan lupa di like y..

Pembaca yang Baik Selalu Meninggalkan Komentar ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s